27 Februari 2015

Atasi Batuk Pada si Kecil dengan Susu, Madu dan Air Hangat




Jakarta - Terlalu banyak konsumsi makanan jajanan yang manis dan berminyak sering menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Saat si kecil mengalami hal ini pasti ia merasa rewel dan tak nyaman. Berikan minuman hangat kaya vitamin C dengan campuran madu untuk meringankannya.

Berikut ini beberapa minuman hangat yang dapat Anda buat di rumah untuk redakan batuk dan sakit tenggorokan pada si kecil.


1. Lemon Tea
Lemon mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel-sel darah putih untuk melawan virus dan infeksi yang menyebabkan batuk. Jus lemon dapat mengurangi racun berbahaya dan toksisitas virus dalam tubuh. Campurkan jus lemon dalam air hangat dan tambahkan dengan madu untuk menghasilkan rasa manis. Proses ini membantu untuk ringankan sakit tenggorokan balita dan membersihkan lendir.

 2. Teh Jahe
Jahe dapat merangsang produksi air liur yang membantu untuk mengencerkan sekresi lendir. Teh jahe juga terbukti menjadi obat rumahan alami yang efektif sembuhkan batuk pada balita. Ambil sepotong jahe segar dan hancurkan hingga halus kemudian tambahkan dengan air hangat dan saring. Berikan si kecil teh ini 2 kali sehat saat masih hangat.

3. Uap Air Panas
Uap air panas dapat membantu melonggarkan sekresi hidung. Taruhlah air panas dalam mangkuk dan hirup udaranya dengan cara menutupi dengan handuk sekitar 15-20 menit agar uap terhirup. Ulangi secara teratur untuk membantu percepat proses penyembuhan.

4. Susu dan Madu
Susu mengandung banyak zat gizi penting seperti vitamin D, kalsium, zat besi dan juga protein yang membantu untuk menggantikan zat gizi saat si kecil sakit. Madu dapat memberikan kenyamanan pada tenggorokan dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok teh madu dan sejumput kunyit.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar